PENANAMAN 100 POHON PULE DAN PENEBARAN 1000 BENIH IKAN NILA oleh Wakil Walikota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko di SMK Negeri 11 Malang

SMK Negeri 11 Malang menuju Sekolah Adiwiyata sedang berproses untuk terus membenahi diri. Lahan yang cukup luas memberi peluang besar dalam memperbaiki kondisi tanah, air, dan udara. Setiap elemen sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, dan masyarakat (komite sekolah)  turut dilibatkan secara aktif dalam upaya tersebut.

Salah satu program yang sukses dilaksanakan kemarin, Rabu 31 Maret 2021 adalah Penanaman 100 Pohon Pule dan Penebaran 1000 Benih Ikan Nila. Pule dipilih sebagai tanaman penghijauan karena memiliki banyak manfaat yang berasal dari akar, kulit, batang, daun, bunga, hingga getahnya. Selain perakaran yang baik untuk konservasi air, Pule merupakan sumber penghasil oksigen, sekaligus obat herbal beragam penyakit karena kandungan tonik didalamnya. Sementara itu kolam ikan difungsikan untuk lahan tadah hujan sekaligus memanfaatkan saluran irigasi yang melewati sekolah dengan debit air yang melimpah.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi positif dari Wakil Walikota Malang, Ir.H. Sofyan Edi Jarwoko. Dengan menggandeng Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Malang Raya, GM FKPPI ,UBKM, AMPG, Bapak Wawali mendukung penuh SMK Negeri 11 Malang bisa terus menggalakkan program peduli lingkungan. Bimbingan dan pendampingan secara maksimal akan menambah semangat untuk meraih juara Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *