SMK Negeri 11 Malang

Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi dan Kesehatan

Karya siswa SMK Negeri 11 Malang tampil di Galeri Nasional Indonesia Jakarta

Indonesia Art Award 2018 merupakan rangkaian agenda tetap yang dimiliki oleh Yayasan Seni Rupa Indonesia (YSRI) yang diketuai oleh Ibu Titik Sueharto, didukung oleh Insitut Seni Rupa Jakarta (IKJ) yang disponsori langsung oleh Gudang Garam Indonesia merupakan event 2 tahunan (bienalle) yang tahun ini mengusung materi komik sebagai ajang kontestasinya. “Dunia Komik, Bahasa Budaya Cerita Gambar” adalah fokus utama IAA tahun 2018. Merupakan pagelaran akbar yang mengundang seluruh seniman komik dari penjuru Indonesia dengan sistem open call, sehingga memperbolehkan seniman mancanegara untuk turut serta dalam kompetisi tersebut.
Dari sekian ratus peserta yang mengirimkan karyanya, hanya dipilih 90 seniman komik (sebagai finalis) dengan total 128 karya yang dinilai laik tampil dan dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia Jakarta. Seleksi karya dilakukan 2 tahap dan dipimpin langsung oleh 3 orang kurator seni profesional, Jim Supangkat (kurator senior), Hikmat Darmawan (kurator, pemerhati seni dan peneliti ahli kesejarahan dan perkembangan komik dunia), serta DR. Iwan Gunawan (kurator, akademisi, dosen jurusan seni dan desain IKJ).
Motion Comic (komik animatif) dengan judul “Alasan Hidup” karya Jurusan Animasi dan Jurusan Multimedia SMKN 11 Malang lolos seleksi dan ditampilkan dalam pameran akbar “Dunia Komik” tersebut. Sebuah karya komik kontemporer dalam bentuk animasi yang bercerita tentang alasan mengapa manusia harus menjalani hidup?, menjadi satu-satunya karya siswa SMK yang tampil di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta. Seluruh animasinya dikerjakan oleh siswa jurusan animasi kelas 12, diantaranya Ervan Rahmadan, Moh. Riski, Aditya Yoga, Fendi Pratama, Syufay Kutsa dan Agung Hardianto. Sedangkan selaku editor, komposer dan finishing dilakukan oleh siswa jurusan Multimedia, diantaranya Aditya Reza, Andiko Nurdiyanto, Satryo, Saka Agis, Regi Krisna. Untuk Narasinya diisi oleh Idham Kholiq dan Mega Sapta.

Karya tersebut dalam produksinya disokong langsung oleh SMKN 11 Malang, melalui mandat Bapak Gunawan Dwiyono yang diawasi langsung oleh Kaprog Animasi, Dian Triwulandari.

 

Bersama Hikmat Darmawan, Kurator dan Peneliti Komik Internasional

Bersama Seniman Komik senior Beng Rahadian.

bersama Ibu Titik Sueharto, Ketua YSRI

Display pameran karya SMKN 11 Malang di Galeri Nasional Indonesia.

Galeri Nasional Indonesia, bersama Pengurus Galeri, Rizki Ramadhani, M.Sn.

Pengunjung

Sertifikat Peserta dan 90 Finalis Dunia Komik GGIAA 2018

Updated: 13/04/2018 — 1:39 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SMK Negeri 11 Malang © 2017 Frontier Theme